Perbedaan Os Tizen Dan Android

Perbedaan os tizen dan android : untuk kalian yang biasanya menggunakan smsrtphone android pasti kalian masih asing dengan tizen os, "apakah operasi sistem tizen itu?" yap begitulah pemikiran saya, hal itu dikarenakan akhir-akhir ini banyak orang yang mencari informasi di internet mengenai os tizen, dan membandingkanya dengan android khalayaknya pertandingan antara os tizen vs os android yang bahkan menjadi keyword yang sering di cari di mesin pencarian terutama di google search. Perlu kita ketahui os tizen sudah rilis pada tahun 2014 namun baru akhir tahun 2016 ini os tizen menjadi perbincangan setelah salah satu produk smartphones samsung  menggunakan os tizen pada produk ponsel pintar terbarunya, yaitu samsung z2. Kemungkinan besar akan terus berkembang semakin pesat dan bersaing os lainya...

Perbedaan Os Tizen Dan Android

Perbedaan os tizen dan android terlihat sekali, karena android sudah rilis duluan dari pada tizen os, sehingga sudah mengalami penyempurnaan dari tahun ketahun. Selain itu dibandingkan dengan os tizen kelebihan android adalah lebih dikenal di masyarakat, coba kalian tanya pada teman kalian mengenai os tizen, maka hampir semua menjawab tidak tahu, dan bandingkan jika kalian tanya mengenai android os maka saya rasa mereka akan menjawab dengan lancar, hal itu saja sudah membuktikan bahwa android lebih unggul dari pada tizen
Untuk itu kali ini saya buatkan artikel khusus menggenai perbedaan os tizen dan android dari beberapa segi seperti tampilan, performa, bentuk dan secara umum, berikut adalah ulasanya:

Perbedaan sistem operasi tizen dan android yang paling mencolok

  • Performa - Salah satu kelebihan os tizen lebih ringan dari pada operasi sistem android, dan hal tersebut berimbas pada penggunaan baterai yang lebih hemat karena tenaga pemrosesan dan memori yang lebih sedikit, tapi hal tersebut menurut saya masih asumsi saja. Karena androidsetiap tahun juga mengalami perbaikan bahkan penyempurnaan, jadi menurut saya masih unggul android kalau di bidang performa ponsel, sekarang marsmellow saja menurut saya sudah hampir sempurna dengan fitur-fitur tambahanya. Tapi cepat atau lambat kemungkinan tizen juga akan semakin mengembangkan dan menyempurnakan os mereka, jadi kalau kalah tidak kalah-kalah amat kok..hehehe.
  • Upgarade Os - Upgarade adalah proses menganti produk dengan produk yang paling baru, kalau isrilah di os maka meningkatkan operasi sistem itu sendiri dengan yang terbaru, untuk saat ini android menerapkan hal tersebut pada produk mereka, sehingga konsumen tidak harus ketinggalan zaman dengan selalu upgrade os android mereka, namun untuk os tizen masih belum diketahui apakah bisa di upgrade atau tidak.
  • Jumlah Aplikasi Di Store - Dari jumlah aplikasi yang tersedia di masing-masing store maka jumlah aplikasi yang tersedia di playstore jauh lebih banyak yang mencapi lebih dari puluhan ribu dibandingkan dengan app tizen store yang masih dibawah jumlah aplikasi android. Tp sekarang sepertinya tizen sudah dilirik oleh vendor pengembang aplikasi dan game ternama lho.., jd tinggal menggu saja hingga app tizen store menyamai playstore,oh iya secara resmi tizen belum bisa di pasangi whatsapp dan bbm.
  • Conectivity - Saya rasa ini saja yang menjadikan os tizen lebih unggul dari pada android os, karena tizen os berbasis linux open source, dan karena hal itulah tizen juga dapat terhubung dengan smart camera maupun smart tv dengan amat mudah. Dibandingkan dengan android.
  • Harga - Untuk harga lisensi izin dan pemasangan os tizen dengan android saya masih kurang tahu detailnya, apakah harus bayar atau tidak? Saya juga tidak tahu. Jadi untuk harga saya akan tambahkan detainya kapan-kapan.
  • Pemasaran - Sayang sekali pemasaran dan pengenalan os tizen kalah jauh dari pada android, sangking jauhnya ada beberapa orang memebeli salah satu produk tizen dan mengatakan bahwa hp itu android, saya juga pernah melihat iklan samsung z2 dan saya langsung mengatakan smartphone tersebut android, sungguh memalukan bukan... Untuk itu pengenalan dan pemasaran os tizen harus lebih gencar lagi, dan setidaknya memiliki ciri khas sendiri agar memiliki pembeda dengan os android.

Kesimpulanya adalah perbedaan os tizen dan android sangatlah jauh, dari segi kelebihan android masih unggul dibandingkan os tizen, karena menurut saya os tizen masih memiliki kekurangan yang masih harus diperbaiki, dan seiring waktu saya rasa os tizen akan bisa sejajar dengan android dan ios. Kendati itu tizen juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang wajib kalian tahu

Kelebihan Os Tizen

  • tizen os dapat menjalankan hampir semua aplikasi yang ada di android os.
  • dukungan html 5 yang terbaik saat ini.
  • didukung aplikasi berbasis web (HTML>CSS>JAVASCRIP)
  • berpotensi besar sejajar dengan operasi sistem android dan ios
  • tizen sudah memiliki store tizen apps dengan lebih dari 6.xxx aplikasi dan akan semakin bertambah
  • os tizen terbuka buat perangkat lain seperti notebook,smart tv dll.
  • os tizen lebih ringan dan hal tersebut berimbas pada penggunaan baterai yang lebih hemat karena tenaga pemrosesan dan memori yang lebih sedikit

Kekurangan Os Tizen

  • jarang digunakan di smartphones
  • kalah saing dengan os android maupun ios
  • jumlah aplikasi tizen kalah jauh dengan android
  • kurangnya promosi dari pihak tizen.

Terlepas dari perbedaan os tizen dan android, karena untuk saat ini smartphones dengan basis tizen sudah masuk ke indonesia oleh samsung dengan merilis samsung z2 yang memiliki harga cukup terjangkau tetapi memiliki performa yang responsif. Tapi masih perlu pengembangan dan penyempurnaan agar tizen semakin berkembang agar dapat sejajar dan  bersaing dengan sistem operasi android dan ios. Artikel ini adalah pendapat saya semata apabila ada pihak yang tidak berkenan saya minta maaf.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel