Penyebab Xiaomi Cepat Panas Dan Solusinya

Xiaomi punyamu lebih cepat panas??? Tidak usah khawatir, hal ini biasa kok dialami sebagian besar user smartphone android xiomi. Kesel memang kalau gadget kesayangan yang kita punyai tidak menyugukan performaterbaiknya, mulai dari lemot, baterai boros, hingga lebih cepat panas. Banyak masalah yang menyebabkan perangkat xiaomi lebih cepat panas. Beberapa masalah diantaranya yaitu karena prosesor bekerja sangat keras karena ada sebagian aplikasi yang tetap berjalan, kondisi sinyal yang naik  turun atau lemah lemah, dan masih banyak masalah lainnya.

Penyebab Xiaomi Cepat Panas
Xiaomi Cepat Panas


Kalau kalian mengalami kejadian yang sama seperti saya, kalian bisa mengatasinya melalui yang kali ini akan saya ulas, berikut ini adalah masalah utama  penyebab xiaomi cepat panas dan solusinya  yang perlu kalian ketahui.

Masalah Utama Penyebab Xiaomi Redmi Cepat Panas Dan Solusinya


1.    Adanya fitur conection yang belum dimatikan

Tanpa disadari ternyata beberapa fitur conection penting pada smartphone xiaomi milikmu menyalah dan belum dimatikan. Seperti wi-fi, gps, hotspot, dan bluetooth. Walaupun sedang tidak digunakan sistem yang ada pada Smartphone akan terus mendeteksi perintah untuk mencari jaringan disekitarnya secara otomatis. Hal inilah yang membuat baterai cepat hp cepat boros sekaligus suhu smartphone akan mudah panas.

Makanya pastikan kalau Keempat fitur yang disebutkan tadi sudah nonaktif kalau tidak digunakan.

2.    Kondisi sinyal yang naik turun

Sinyal smartphone yang tidak stabil atau lemah ternyata juga menjadi masalah yang menyebabkan suhu smartphone android xiaomi cepat panas. Kenapa bisa begitu?  Perlu kalian ketahui, dimanapun kalian berada komponen Smartphone akan bekerja lebih keras dalam signal yang tidak stabil guna memperoleh jangkauan sinyal yang lebih baik. Dan kalau kalian mengalami masalah pada sinyal yang tidak stabil dan cenderung terus melemah setiap Saatnya, maka solusinya adalah dengan segera mengganti kertu memiliki jangkauan yang lebih baik ditempat kalian.

3.    Menggunakan smartphone saat sedang di charger

Bolehkah bermain android smartphone saat sedang di charger atau di ces baterainya?  Jawabanya tidak, perlu kalian pahami, jenis baterai yang umumnya digunakan pada smartphone xiomi adalah lithium-ion dan lithium Polymer.  Kedua jenis baterai ini tidak tahan dengan kondisi panas yang tinggi. Selain itu, kedua jenis baterai tersebut hanya mepunyai suhu cadang optimal antara 0 derajad c sampai 60 derajad c. Sedangkan untuk suhu Simpannya berkisar antara -20 derajad c sampai 60 derajad celcius saja.

Saat proses isi ulang baterai dilakukan, otomatis suhu akan meningkat drastis. Apalagi kalau kalian menambah bebas dengan bermain game? Tentu saja kinerja cpu, ram dan gpu akan terbebani sehingga membuat suhu hp Xiomi akan bertambah panas.

Makanya  ada baiknya lakukan proses isi ulang baterai atau charging pada saat smartphone dalam keadaan off agar gadget kesayanganmu lebih tahan lama dan awet.

4.    Kecerahan layar terlalu tinggi

Selain menyebabkan baterai cepat panas, ternyata kecerahan layar yang terlalu kontras juga membuat smartphone terbebani dan membuat baterai semakin boros saja. Sebab semakin tinggi tingkat kecerahan layar semakin Tinggi pula daya yang dibutuhkan sehingga kinerja smartphone semakin berat dan cepat panas.

Untuk hp xiaomi sendiri, sebenarnya bisa mengatur tingkat kecerahan layar melaui status bar dibagian atas layar. Namun untuk mengaktifkan kecerahan layar  agar otomatis pada xiomi kalian harus mengaktifkannya melalui

Pengaturan. Caranya cukup mudah, buka settings > display > brightness level > aktifkan tombol automatic brightness.

5.    Mode power saving yang belum menyala

Hampir sebagian besar smartphone android termasuk buatan xiomi saat ini mepunyai fitur penghemat daya atau istilah bulenya power saving. Kalau menyalakan power saving mode maka sistem pada smartphone akan Melakukan beberapa langkah otomatis dalam menghemat baterai, seperti mematikan koneksi wi-fi, bluetooth, gps secara otomatis, dan menurunkan tinggkat kecerahan layar, sampai mematikan aplikasi pada background Yang sedang tidak digunakan. Selain menghemat baterai dan menstabilkan suhu hp xiomi, mode saving ini juga membuat suhu smartphone xiaomi milikmu tetap normal. Suhu normal smartphone yakni 40 derajad c kalau tidak Sedang dicas.

Untuk memantau suhu pada smartphone android xiaomi sekaligus menghidupkan mode power saving kalian bisa langsung menuju masuk menu settings > battery & performance > power. Tap dan aktifkan battery saver.

6.    Penggunaan smartphone yang tidak wajar

Pengguna smartphone xiaomi umumnya dimanfaatkan untuk para gamer memainkan game ukuran hd berjam-jam. Walaupun tidak terjadi lag, ternyata hal tersebut adalah pemicu utama suhu hp xiomi lebih cepat panas. Pada Beberapa tipe smartphone xiaomi redmi, seperti redmi 2, redmi note 3, redmi 3, dan lain sebagainya.

Jadi untuk menghindari suhu smartphone yang cepat panas, solusinya kalian seharusnya melakukan penggunaan yang sewaarnya saja baik itu dalam bermain game ataupun aktifitas smartphone lainnya. Kalau manusia istirahat dengan Cara tidur nyenyak, maka hape juga sesekali harus diistirahatkan dengan cara mematikan total.

7.    Banyak aplikasi yang berjalan pada background bersamaan

Sama halnya dengan perangkat computer, dimana ada program tertentu yang memang sudah terpasang dari bawaan dan tidak bisa dimatikan dengan cara apapun. Dimana program tersebut berfungsi untuk mengelolaan sistem Pada smartphone andrroid dengan berbagai fungsi masing-masing. Program yang berjalan di background ini setidaknya memakan penggunaan ram yang banyak, dalam kasus hape xiomi redmi 2 biasa yang saya miliki Penggunaan ram di background melebihi 50% nya. Jadi wajar saja kalau saya rasa ini adalah salah satu penyebab hp xiomi cepat panas.

Karena masalah inilah yang menyebabkan kinerja hp xiomi terbebani setiap saatnya sehingga membuat suhu menjadi panas dan tidak normal. Makanya, lakukan  pengecekan rutin pada aplikasi background yang memakan Penggunaan ram lumayan cukup besar. Kalau memang dirasa tidak terlalu penting alangkah baiknya di uninstall saja.

Kalian mengecek secara langsung melalui settings > installed apps > running.

8.    Widget pada menu yang berlebihan

Penyebab Xiaomi Cepat Panas selanjutnya yaitu Banyaknya penggunaan widget pada  home menu membuat kinerja ram semakin tinggi dan berat. Dampaknya dapat dirasakan adalah, baterai jadi lebih cepat boros dan suhu yang dihasilkan pun akan akan semakin tinggi dari Keadaan normal karena banyaknya program wiged yang berjalan. Jadi solusinya adalah gunakan widget yang seperlunya saja saja, penggunaan yang berlebihan akan cenderung merusak hardware itu sendiri

9.    Melakukan overlock pada smartphone

Buat pengguna hp xiaomi yang masih awam, mungkin belum begitu mengetahui tentang cara mengatur overlock pada perangkat smartphone android mereka. Beberapa manfaat positif yang didapat kalau melakukan tersebut Yaitu kinerja smartphone akan terasa lebih cepat, tidak mudah lag saat bermain game ukuran hd dan berjuta manfaat lainnya, namun diibalik sisi positif akan ada selaluii dampak negatif , dan saya rasa dampak negatifnya juga
Cukup banyak lho...

Dampak nagatif overlock pada smartphone
Smartphone akan terasa lebih mudah panas
Mudah hang atau restart sendiri
Umur processor semakin berkurang.

Untuk kalian yang yang suka oprek android saya rasa wajib untuk overlock pada smartphone, tapi kalau kalian cuman buat main game atau internet aja saya rasa tidak perlu overlock hp kalian.

10.    Miui version belum di perbarui

Salah satu kelebihan hp xiomi adalah fitur miui, sama halnya dengan merek smartphone android lainnya, maka smartphone xiaomi juga membutuhkan perbaharuan versi miui yang diberikan oleh developer secara gratis. Dengan tujuan agar kalian bisa mendapatkan fitur terbaru dan juga performa yang lebih maksimal. Jadi kalau kalian belum meng-update versi miui terbaru saat ini, bisa jadi itu adalah masalah penyebab suhu smartphone cepat panas karena adanya bugs yang belum diatasai. Makanya, ada baiknya kalian rutin mengecek versi miui rom untuk tetap update setiap saatnya.


Sekian tentang  penyebab xiaomi redmi cepat panas dansolusinya  semoga bisa berguna. Jika ada yang kurang atau masalah yang ingin ditanyakan silahkan sampaikan lewat kolom komentar,


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel