Solusi Cara mengatasi 'Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti' di androis

Ada satu masalah yang mengganggu pemilik Android baik pemula dan mahir sama yaitu munculnya notifikasi 'Sayangnya aplikasi telah berhenti' atau dalam bahasa inggris 'unfortunately, applications has stopped'  saat membuka aplikasi, hal ini terjadi hampir disemua merek smartphone android baik samsung, oppo, xiomi, asuz zedfone, smartphone, ataupun hp cina seperti advand dan evercross. Tampaknya ketika kalian sedang menggunakan aplikasi, dan kemudian memaksa aplikasi itu untuk menutup sendiri. Menyebalkan, bukan? Untungnya, ada cara untuk menyelesaikannya. Berikut cara memperbaikinya kesalahan munculnya teks Sayangnya aplikasi telah berhenti

Ada 5 solusi cara memperbaiki  'Sayangnya aplikasi telah berhenti' pada android


  • Hapus penyimpanan aplikasi
  • Periksa kartu SD
  • Hapus instalasi dan instal ulang aplikasi
  • Matikan dan hidupkan lagi
  • Kembalikan ke pengaturan ulang pabrik
Solusi Cara mengatasi 'Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti' di androis
contoh aplikasi yang mengalami 'Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti' di androis


Hapus penyimpanan aplikasi


Masalah ini sering terjadi pada aplikasi kontak, galeri, dan peluncur. Prosedur untuk memperbaiki ini umumnya selalu sama.

  • Pertama, buka Pengaturan di perangkat kalian.
  • Buka Aplikasi> Manajer aplikasi
  • Geser ke kiri hingga kalian menemukan tab Semua.
  • Gulir ke bawah ke aplikasi yang menyebabkan masalah dan ketuk.
  • Di sini kalian akan menemukan opsi Hapus data dan Hapus cache.


Hapus cache adalah opsi yang harus kalian mulai dengan. Ini akan menyingkirkan data yang disimpan yang memungkinkan aplikasi memuat lebih cepat ketika kalian meluncurkannya. Menghapusnya berarti aplikasi akan terbuka sedikit lebih lambat, tetapi masalah utama kalian mungkin akan terpecahkan.

Hapus data akan menghapus semua data aplikasi, termasuk file, pengaturan, dan akun, jadi jangan gunakan ini kecuali kalian harus.

Periksa kartu memori SD


Kesalahan ini juga dapat berhubungan dengan kartu memori yang rusak. Jika kartu memori rusak, maka aplikasi apa pun yang menulis ke kartu memori akan mengalami kesalahan semacam ini.

Untuk memeriksanya, cukup keluarkan kartu memori dan luncurkan aplikasi yang sudah berhenti berfungsi. Jika berhasil, maka kalian sudah memiliki jawabannya. Jika ini adalah kasusnya, kalian akan memerlukan kartu memori baru, tetapi kalian tetap dapat mentransfer data dari kartu memori ke internal memori kalian sebagai cadangan. Tentu saja, jika kalian tidak menggunakan kartu SD, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Hapus instalasi dan instal ulang aplikasi


Jika aplikasi tidak ada di dalamnya, kalian juga dapat mencoba mencopot pemasangannya lalu menginstalnya kembali dari Google Play Store. Cukup buka aplikasi Play Store, buka bilah menu di sisi kiri dan ketuk Aplikasi saya. Temukan aplikasi yang dimaksud dan tekan Uninstall, yang membutuhkan waktu beberapa detik. Setelah itu, kalian dapat menginstalnya lagi.

Matikan dan hidupkan lagi


Kalian juga dapat mencoba melakukan reset lunak, yang berarti memulai ulang perangkat kalian. Cara Ini sangat sederhana dan cukup efektif jika ponsel kalian sudah lama aktif. Pengaturan ulang lunak akan menggerakkan ponsel kalian, mematikannya, dan kembali lagi.

Sebaiknya matikan ponsel setiap beberapa hari selama beberapa menit - ini akan membantu ponsel yang lamban dengan berbagai masalah, baik terkait dengan aplikasi, jaringan, audio, atau masalah lainnya.

Reset ulang atau kembali ke pengaturan ulang pabrik


Jika ada masalah, kalian dapat menggunakan pengaturan ulang pabrik untuk ponsel kalian. Pastikan kalian telah mencadangkan semua data sebelumnya. Saya ulangi: buat cadangan semua data kalian dulu. Penyetelan ulang pabrik akan menghapus perangkat kalian dan menyetelnya kembali ke pengaturan pabrik, mengambil semuanya, termasuk bug, dengannya. Kalian dapat memulihkan aplikasi dan data kalian dengan mudah, asalkan kalian telah membuat cadangan.

Dalam kasus Google Play sendiri tidak bekerja, solusinya sedikit lebih susah: hapus cache sebagai langkah pertama dan jika ini tidak masalah, hapus data, dan akhirnya copot. Langkah yang sama berlaku untuk Layanan Google Play, tetapi satu hal - kalian tidak ingin kehilangan semua preferensi Play Store kalian tanpa alasan.

Apakah ini  memberi Solusi untuk kalian? Semoga saja Cara memperbaiki kesalahan'Sayangnya aplikasi telah berhenti' pada android yang sering muncul ini membantu kalian.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel