Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis


Postingan kali ini akan membahas tentang penyebab hp gampang panas dan baterai cepat habis, serta solusi cara mengatasinya. Memang perlu diakui kalau ponsel android tampaknya terus semakin banyak di pasaran, namun sayangnya jarang yg bisa merawatnya dengan baik, akibatnya hp, atau smartphone yang berbasis android akan cepat rusak padahal harga hp android itu sendiri tidaklah murah, bila sudah rusak sedikit saja maka harga jualnya akan jatuh. Dan yang salah satu yang gampang terjadi pada android adalah masalah hp yang cepat panas dan baterai yang boros. Maka di sini saya akan  mengulas bagaiana cara merawat hp android supaya baterai tetap awet dan tidak gampang rusak. Dengan mengetahui penyebab utamanya maka setidaknya kalian bisa mencegahnya sebelum benar benar rusak.

Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis
Hp Android Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

Pernahkah hp android terasa panas saat digunakan..? Apakah Baterai memang sudah ngedrop..? Baterai hp cepat habis padahal baru beli..? Hp cepat panas saat internetan..? Dan pada sini akan saya uraikan penyebab hp android yang cepat panas dan batre cepat habis buat pencegahan:

Penyebab Hp Android Cepat Panas Dan Baterai Cepat Habis Serta Solusinya


1.    Penyebab Utama Hp Android Cepat Panas Dan Batre Cepat Habis

Akan saya uraikan penyebab hp android yang cepat panas dan batre cepat habis agar kalian dapat mencegahnya dikemudian hari:

a.    Mengggunakan Charger Kw Untuk  Android

Menggunakan charger tidak asli atau tidak sesuai dengan  merk android yang kalian miliki adalah salah satu penyebab baterai mudah drop. Hal tersebut mungkin saja karena tegangan atau daya listrik (amper) yang berdeda mengakibatkan hp kalian cepat panas, baterai cepat habis bahkan yang ini bisa saja mengakibatkan kerusakan. Jadi pastikan kalau membeli charger (cass) memiliki tegangan yang sesuai dengan ponsel

b.    Menggunakan Android Saat Di Charger

Saat kondisi smartphone di cas / charger jangan pernah menggunakannya untuk aktifitas. Hal tersebut karena akan membuat arus aliran listrik yang masuk dan keluar akan tidak stabil,  membuat baterai cepat panas, cepat habis dan masa pakai baterai akan berkurang karena mudah drop.

Kemungkinan besar  penyebab utama hp android yg cepat panas adalah karena Kapasitas, spesifikasi, hardware ponsel Kalian sangat rendah, ialah ruang memori internal sangat pas-pasan, padahal kalian memakai/menginstal aplikasi tidak mengecewakan poly sebagai akibatnya sebagai berat yang mengakibatkan batre hp kalian akan cepat panas.

c.    Terlalu Banyak Aplikasi Android  Yang Terhubung Internet

Terlalu banyak aplikasi yg terinstal dan terhubung internet, kebanyakan memasang apk akan semakin membebani kinerja ponsel Kalian, apalagi apk yang kalian jalankan selalu terhubung dengan internet. Seperti, medsos ( facebook, twitter, skype, Instagram, BBM, google plus)  dan aplikasi berita yang selalu update, walaupun kalian tidak menggunakan ponsel android kalian tetapi paket data kalian aktifkan (internet) maka aplikasi tersebut akan terus bekerja sehingga menyebabkan cepat panasnya hp android kalian serta baterai pun akan cepat habis.

d.    Kecerahan Layar Android Yang Terlalu Tinggi

Salah satu yang membuat baterai cepat habis dan panas adalah intensitas cahaya layar hp yang terlalu tinggi. Hal tersebut karena intensitas kecerahan layar memakan daya yang tinggi,  maka semakin terang yang dikeluarkan maka semakin cepat habis pula baterainya

e.    Fitur Gps, Wifi, Bluetooth Dan Data Seluler Yang Selalu Aktif

Entah di sadari atau tidak, banyak sekali orang yang membiarkan fitur tersebut selalu aktif. Padahal daya yang dikeluarkan gps, wifi bluetoth dan data seluler tidaklah sedikit. Bayangkan saja misalnya wifi dan Bluetooth,mereka akan selalu mencari jaringan atau perangkat lain untuk dihubungkan, dan hal tersebut akan terus dilakukan saat sedang aktif, Dan hasilnya bisa kalian bayangkan sendiri

f.     Penggunaan Smartphone Android Yang Berlebihan

Penggunaa Ponsel yang terlalu berlebihan tanpa pernah kalian istirahatkan, terus kalian pakai untuk online selama  berjam-jam bahkan mungkin  seharian penuh. Perlu kalian ketahui kalau android itu merupakan mesin yang mudah panas  yang memilki program yang rawan akan masalah. Layaknya tubuh dan otak yang butuh istirahat,begitupun hp android kalian.

g.    Android Terlalu Banyak Membuka Aplikasi Bersamaan

Smartphone android kalian gunakan terlalu banyak Menjalankan aplikasi secara bersamaan juga mempercepat baterai habis, bayangkan saja kalian membuka facebook, lalu tanpa menutup aplikasi tersebut kalian membuka aplikasi lain. Karena hal tersebutlah membuat kinerja ponsel semakin keras dan membuatnya menjadi cepat panas dan boros.

h.    Batre Hp Android Kalian Sudah Rusak (Drop)

Salah satu penyebab baterai cepat habis yang paling susah diatasai adalah baterai yang kalian gunakan mungkin sudah rusak, walaupun kalian baru beli jika telah rusak ya hanya bisa diganti yang baru, sangat mustahil memperbaikinya.

i.      Hp Android Kalian Menggunakan Baterai Kw

Selain pengguunaan charger tidak asli, penggunaan baterai kw juga berpengaruh dengan hp lhoo. Walaupun sudah menggunakan baterai yang double power dengan mah yang tinggi, kalau tidak cocok dengan performance ponsel, maka tetap saja mudah ngedrop.
Demikianlah beberapa penyebab utama hp cepat panas danbatre cepat habis pada android, sebenarnya masih banyak lagi jika dibahas satu per satu dari bagian2 di atas. Namun saya rasa yang saya uraikan sudah cukup, untuk solusinya simak dibawah ini.

2.    Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas Dan Batre Cepat Habis

Solusi yang saya uraikan ini berdasarkan penyebab di atas yang sudah saya bahas di atas, perhatikan baik-baik solusi cara mengatasinya:

a. Gunakanlah charger asli dalam mengisi daya smartphone.

b. Saat mengisi daya jangan menggunakannya untuk aktifitas.

c. Kurangi jumlah aplikasi yg terinstal dalam android kalian. Hapus aplikasi yang tidak perlu dan jarang digunakan.

d. Atur kecerahan layar (intensitas cahaya) secara manual dan mengaturnya dengan kecerahan minimal.

e. Nonaktifkan Fitur gps, wifi, Bluetooth dan data seluler jika sedang tidak digunakan.

f. Jangan menggunakan hp secara berlebihan, sesekali iatirahatkan setiap 2 jam.

g. pastikan menutup aplikasi yang terbuka saat membuka aplikasi lain, jangan cuman me minimize saja.

h. Jika baterai sudah rusak langsung saja ganti yang baru, jangan pernah memperbaiki baterai atau mengakalinya biar tidak boros. Salah-salah malah hp kalian yang jadi korban.

i. Gunakan baterai original jika sudah rusak.

Sebagai  tambahan supaya hp android kalian tahan lama yaitu hindari terjadinya benturan, karena benturan walaupun tidak terlalu keras akan mengakibatkan getaran pada mesin android yg sangat rawan membuat kerusakan, dengan begitu hp kalian akan awet.

Gimana sekarang sudah paham tentang Cara mengatasi hp android cepat panas dan baterai cepat habis bukan? Semoga saja bermanfaat, Silahkan dipraktekan saja panduan atau tutorial yang sudah saya buat tadi, jika ada yang kurang jangan lupa sampaikan lewat komentar ya..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel