Cara Merawat Baterai Android Agar Tidak Cepat Rusak


Di era digital sekarang ini siapa yang tidak punya hp android, smartphone yg canggih ini yg dibandrol dengan harga  murah, kini semakin banyak peminatnya. Semakin banyaknya para pengguna hp android, bb, iphone dan  windows akan tetapi masih banyak orang yang yang belum tahu cara merawat baterai smartphone android dengan benar. Kalau salah pemakaian saja bisa membuat baterai tidak awet, menjadi cepat panas, tidak bocor, boros dan mengembung.
Cara Merawat Baterai Android Agar Tidak Cepat Rusak
merawat baterai android

Sebenarnya waktu pakai baterai hp stkalianrt yg diberikan pabrik pada itu seharusnya panjang, namun karena kita yg kurang memahami bagaimana cara menggunakan baterai tersebutlah yang membuat masa pakai atau umur semakin pendek. Oleh karena itu, android gank kali ini akan memberikan tutorial agar baterai kalian semua jadi lebih awet.

Tips Cara Merawat Baterai Android Agar Tidak Cepat Rusak


1.    Jangan menggunakan ponsel saat di cas

Saat kondisi smartphone pada cas jangan pernah menggunakannya buat aktifitas, baik sms, telpon mapun sms. Hal tadi karena akan menciptakan arus listrik yg masuk & keluar akan tidak stabil,  membuat baterai cepat panas, cepat habis dan membuat baterai menjadi mudah drop.

2.    Jangan mengggunakan charger kw

Menggunakan charger tidak orisinil atau tidak sesuai dengan  brand android yg kalian miliki merupakan salah  satu penyebab baterai mudah rusak. Hal tersebut mungkin saja karena tegangan atau daya listrik yg berdeda menyebabkan hp kalian cepat panas, baterai cepat habis bahkan yg ini sanggup saja menyebabkan kerusakan atau drop. Jadi pastikan bila membeli charger (cess) memiliki tegangan yg sama denan ponsel

3.    Jangan dicas waktu hp panas

Jika hp kalian dalam keadaan panas setelah baru digunakan dan masih hangat, jangan tergesa-gesa dicas, tunggu beberapa saat hingga suhu normal baru kalian boleh ces.

4.    Usahakan saat di cas sebelumpenuh sudah di cabut

Saat kondisi baterai belum full diusahakan sudah di copot / dicabut, jangan menunggu hingga indicator baterai penuh baru dicabut. Cabut saat sudah mencapai 98%.

5.    Jangan menggunkan  baterai kw

Selain pengguunaan charger yang tidak ori, penggunaan baterai palsu juga berpengaruh terhadap ponsel. Walaupun telah memakai baterai yang double power yang memiliki mah yang tinggi, jika kurang pas dengan performance ponsel, maka tentu  saja mudah ngerusak.

6.    Atur kecerahan kecerahan  layar serendah mungkin

Salah satu yg membuat batre boros yaitu intensitas cahaya layar hp yang terlalu tinggi. Hal tersebut karena intensitas kecerahan layar memakan daya yg cukup tinggi,  maka semakin terang yg dikeluarkan maka semakin cepat habis pula baterainya.

7.    Banyaknya  aplikasi  yang terhubung internet

Terlalu banyak aplikasi yg terinstal & terhubung internet, kebanyakan memasang apk akan semakin membebani kinerja ponsel kalian, apalagi apk yang kalian jalankan selalu terhubung menggunakan internet. Seperti, medsos ( facebook, twitter, skype, instagram, bbm, dll)  dan aplikasi berita yg selalu update, walaupun kalian tidak memakai ponsel android kalian, namun paket data kalian aktifkan (internet) maka aplikasi tadi akan terus bekerja, akibatnya menyebabkan baterai jadi boros dan gampang rusak.

8.    Matikan  fitur gps, wifi, bluetooth dan data seluler jika sedang tidak digunakan

Entah pada sadar atau ngak, sebagian orang yang membiarkan fitur tersebut selalu aktif. Padahal daya yg dikeluarkan gps, wifi bluetoth & data seluler tidaklah sedikit. Bayangkan saja misalnya wifi & bluetooth,mereka akan selalu mencari jaringan atau perangkat lain untuk dihubungkan, dan hal tersebut akan terus dilakukan saat sedang aktif, dan hasilnya bisa kalian bayangkan sendiri

9.    Jangan menggunakan smartphone dengan berlebihan

Penggunaa ponsel yg terlalu berlebihan tanpa pernah kalian istirahatkan, terus kalian pakai untuk online selama  berjam-jam bahkan mungkin  seharian penuh. Perlu kalian ketahui jika android itu adalah mesin yang gampang panas  yang memilki system yang rawan akan suhu tinggi. Layaknya tubuh dan otak yang butuh istirahat,begitupun hp android kalian.

10. Batre hp android kalian sudah rusak (rusak)

Salah satu penyebab baterai cepat habis yang paling susah diatasai adalah baterai yang kalian gunakan mungkin sudah rusak, walaupun kalian baru beli apabila sudah rusak ya hanya sanggup diganti yg baru, sangat tidak mungkin memperbaikinya.

11. Hindarkan  dari tempat panas

Jangan meletakkan hp kamu pada sembarang tepat, terutama tempat yang memiliki suhu tinggi, sebab hal tersebut sangatlah merusak baterai..

12. Jauhkan dari tempat basah

Apabila kalian menempatkan disuhu yang basah pula berdampak negatif bagi baterai android, akibatnya sangat fatal sekali lhooo.

13. Usahakan baterai jangan sampai kosong

Dalam penggunaan hp segala merk, usahakan baterai jangan sampai 0 persen. Lantaran akan mengurangi umur baterai hp tadi secara perlahan, cas android kalian minimal ketika masih 10%, lebih dari itu lenih baik

14. Minimalkan penggunaan power bank

Memang, power bank sangat bermanfaat bagi hp dimanapun kalian berada, akan tetapi jika waktu dirumah atau ditempat yang memiliki akses listrik langsung, gunakanlah charger saja. Jangan bergantung dengan pb secara berlebihan, sebab aliran listrik dari power bank tidaklah stabil.


Tips cara merawat bateraiandroid agar tidak cepat rusak ini sangat mudah bukan, jadi sekarang kalian bisa sedikit berhati-hati agar tidak menyesal dikemudian hari.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel