Cara Menghemat Baterai Android Root Agar Tidak Boros

Di era modern sekarang siapa yang gk kenal android, sebab selain harganya murah juga memiliki segudang kelebihan yang tidak bisa saya jelaskan, namun satu di antaranya adalah kita bisa masuk kedalam mode pengembang dengan cara root androit tersebut. Namun selain kelebihannya ada juga beberapa kekurangannya, salah satunya ialah baterai android sangat boros. Bagaimana tidak boros??, hampir semua aplikasi ponsel android selalu terhubung dengan jaringan internet. Bukan satu jam atau dua jam, namun selama android diaktifkan ( kecuali data dimatikan) dan sangat susah untuk menghemat baterainya. Meskipun sebuah ponsel android mempunyai kapasitas baterai yg lumayan besar dibanding dengan jenis ponsel lainnya , nyatanya baterai ponsel android tetaplah tidak hemat.

Cara Menghemat Baterai Android Root
menghemat baterai android root


Untuk penggunaan secara normal, kapasitas baterai ponsel android jika terisi penuh bisa digunakan selama 8 sampai 10 jam, itupun jika kondisi baterai normal. Namun kalau digunakan untuk internetan atau untuk main game, maka akan lebih cepat terkuras, dalam kondisi tertentu pemakaian bisa sampai berkurang 50% atau penggunaam selama 4-5 jam saja.


Hal tersebut berlaku baik android yang sudah di root ataupun yang non root, umumnya cara menghemat keduanyaa sama, namun ada satu cara yang hanya bisa diterapkan di android yang sudah di root saja.

Secara umum banyak cara berhemat baterai ponsel android, salah satunya dengan menonaktifkan data paket dan mengaktifkannya kembali jika akan dibutuhkan saja.

Akan tetapi cara diatas sangat tidak terlalu berpengaruh banyak. Karena apa gunanya punya android kalau paket data harus dimatikan. Ada bayak pilihan selain mematikan data internet. Jadi kali ini saya akan uraikan tips bagaimana cara termudah  menghemat baterai android,khususnya yang sudah di root.

Cara Menghemat Baterai Android Yang Sudah Di Root Agar Tidak Boros

  1. Kurangi jumlah aplikasi yg terinstal dan terhubung dengan internet. Hapus aplikasi yang tidak perlu dan jarang digunakan.
  2. Atur kecerahan layar (intensitas cahaya) secara manual dan mengaturnya dengan kecerahan seminimal mungkin.
  3. Nonaktifkan fitur gps, wifi, bluetooth dan data seluler jika sedang tidak digunakan.
  4. Jangan menggunakan hp secara berlebihan, sesekali iatirahatkan setiap 2 jam.
  5. Pasang aplikasi android penghemat baterai
  6. Pastikan menutup aplikasi yang terbuka saat membuka aplikasi lain, jangan cuman me minimize saja.
  7. Aktifkan gunakan mode hemat beterai
  8. (Khusus Android Root) Gunakan fitur kaliberasi baterai yang hanya bisa dilakukan di android yang sudah di root, hal tersebut bisa membuat baterai menjadi lebih awet dan tidak boros. Cara nya mungkin cukup agak rumit, jika saya jelaskan lagi mungkin jadi artikel baru. Jadi cek saja di google cara kaliberasi baterai android root

Sekian tentang tips cara menghemat baterai android root agar tidak boros, mungkin ada cara lain yang lebih simpel dan efektif, jadi kalau ada tolong sampaikan lewat kolom komentar, nanti saya akan tambahkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel